Untuk merealisasikan PEO, PLO S-3 Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra yang dirumuskan untuk dimiliki lulusan adalah sebagai berikut.
Tabel 3 CPL atau PLO dan Deskripsinya
PLO-S (sikap) | DESKRIPSI | ||
PLO-1 (S-1) | berkontribusi pada peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peningkatan kemajuan tata kehidupan berdasarkan Pancasila | ||
PLO-2 (S-2) | berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, menghargai keanekaragaman budaya, bekerja sama, memiliki kepekaan diri dan kepedulian sosial-lingkungan yang tinggi | ||
PLO-3 (S-3) | bertanggung jawab secara mandiri atas pekerjaan pada bidang pendidikan bahasa dan sastra dengan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila, agama, norma, etika akademik, dan semangat kejuangan dan kewirausahaan | ||
PLO-P (Pengetahuan) | DESKRIPSI | ||
PLO-4 (P-1) | menguasai filsafat pendidikan, filsafat bahasa dan sastra, dan teori-teori mutakhir bidang bahasa, sastra, dan pembelajarannya | ||
PLO-5 (P-2) | menguasai kebijakan dan pengelolaan pembelajaran bahasa dan sastra |
| |
PLO-6 (P-3) | menguasai metodologi penelitian dan pengembangan ilmu bahasa dan sastra serta pembelajarannya |
| |
PLO-KU (keterampilan umum) | DESKRIPSI |
| |
PLO-7 (KU-1) | mampu mengembangkan teori/konsep/gagasan ilmiah baru berbasis pengelolaan data dan informasi hasil penelitian dan memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memerhatikan nilai humaniora, metodologi ilmiah, dan perkembangan dunia akademik |
| |
PLO-8 (KU-2) | mampu menunjukkan kepemimpinan akademik dalam pengelolaan, pengembangan, dan pembinaan sumber daya serta organisasi yang yang menjadi tanggung jawabnya |
| |
PLO-9 (KU-3) | mampu mengembangkan dan memelihara hubungan kolegial dan kesejawatan dalam lingkungan internal dan membangun jejaring kerja sama dengan pemangku kepentingan dan masyarakat profesi |
| |
PLO-KK (keterampilan khusus) | DESKRIPSI |
| |
PLO-10 (KK-1) | mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi bidang pendidikan bahasa dan sastra atau praktik profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya kreatif bidang pendidikan bahasa dan sastra yang original dan teruji |
| |
PLO-11 (KK-2) | mampu memecahkan permasalahan sains dan teknologi dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra melalui pendekatan interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner |
| |
PLO-12 (KK-3) | mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset utama yang bermanfaat bagi bidang pendidikan bahasa dan sastra untuk kemaslahatan manusia, serta mampu mendapatkan pengakuan nasional dan internasional dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra |
| |